Origami, pengertian dan manfaatnya

 sudah tahu nggak apa itu origami..?
(origami apaan sih?, sejenis makanan kucing yah...?), itu tuh berbagai macam bentuk-bentuk yang menarik dari lipatan kertas... untuk lebih jelasnya silahkan baca yah...
            Origami adalah seni melipat kertas, yang terkenal berasal dari dan berkembang di Jepang. Sebagai hobi origami memang terlihat sepele, tapi jika dilihat sebagai sesuatu yang mendidik, origami akan bermakna sangat besar. Ada berbagai macam manfaat yang diperoleh dari seni lipat-melipat ini.

           Ada sebuah thesis untuk gelar PhD yang meneliti tentang manfaat origami bagi seseorang.
Di situ tercatat ada sepuluh manfaat origami, yaitu:
  1. pembentukan kemampuan motorik yang lebih sempurna pada kedua tangan, 
  2. peningkatan kemampuan intelektual, 
  3. peningkatan kemampuan daya kreatif, 
  4. merangsang kinerja seimbang antara bagian otak kiri dan kanan,
  5. peningkatan daya imajinasi, 
  6. meningkatkan kemampuan memusatkan perhatian(boleh dibilang meningkatkan konsentrasi), 
  7. meningkatan kemampuan dayaingat (memori), 
  8. melatih kesabaran, 
  9. memberikan penglaman emosional dan estetis, dan tentu saja 
  10. membuat seseorang bisa lebih menghargai kenikmatan, kepuasan, dan kebanggaan akan hasil kerjanya.

         Sebuah situs khusus origami juga menunjukkan manfaat origami dalam kaitannya dengan pendidikan.
Yang pertama, origami dapat meningkatkan kemampuan matematika. Dalam proses lipat-melipat pasti terjadi perhitungan, membagi kertas dalam dua atau beberapa lipatan, atau bagaimana membagi kertas tersebut menjadi beberapa bagian yang sama besar. Setelah itu ketika sebuah hasil lipatan origami yang sudah jadi dibuka kembali, akan terlihat pola-pola simetris dari garis bekas lipatan.
Hal ini membantu seseorang (terlebih anak-anak) dalam mengenali pola dan konsep bentuk atau bangun geometris.

        Manfaat origami juga berkaitan dengan pengembangan pemahaman seseorang akan seni. Origami memungkinkan kita membentuk kertas (yang merupakan benda dua dimensi karena begitu tipis) menjadi wujud tiga dimensi, dan ini sangat bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan pikiran spasial seseorang. Ini bisa memupuk pemikiran, bagaimana sesuatu yang sebelumnya tak berwujud bisa menjelma menjadi sesuatu, yang tidak ada menjadi ada. Itulah manfaat origami dalam pembentukan apresiasi dan cita rasa seni.

          Selain itu, menurut orang-orang Jepang, origami tidak hanya bermanfaat dalam hal-hal yang bersifat ilmiah seperti yang kita bahas di atas. Origami bisa melatih intuisi seseorang, dengan melipat sebuah kertas dan melalui proses yang lama sebelum akhirnya bisa menciptakan sebuah wujud,
seseorang jadi terbiasa melihat sebuah proses, memahami bagimana sesuatu terjadi.
Bila hal ini dilatih terus, seseorang bisa dengan sangat mudah memahami sesuatu tengah terjadi dengan menyeluruh, yang kadang tidak dapat dilihat dengan pemahaman “standar”.

           Satu hal lain yang tak kalah penting dalam manfaat origami adalah sebagai filosofi hidup. Dengan menggerakkan tangan sendiri, dengan memulai sesuatu dari benar-benar nol (hanya secarik kertas), mengukur presisi lipatan dengan seksama, kesabaran dari satu langkah ke langkah selanjutnya, dan akhirnya mendapat hasil yang pantas serta setimpal dengan sebesar apa upaya yang telah kita lakukan. Apakah ada nilai kehidupan yang lebih baik dari itu semua?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar